Kastengel

Hi, semua!

Ga kerasa ya bulan puasa tinggal beberapa hari lagi tersisa. Sudah hampir lebaran. Dan karena saya sudah masuk masa cuti bersama maka hari ini saya akan membuat kastengel untuk suguhan lebaran di rumah.

Seminggu yang lalu saya juga membuat kue kering cukup banyak, tapi itu untuk pesanan teman kantor. Ternyata buat kue saat puasa itu cukup melelahkan ya. Mungkin juga karena saya mengerjakannya pada hari libur kantor. Jadi pada waktu seharusnya libur /istirahat saya manfaatkan untuk buat kue. Pas besok Seninnya sudah kerja lagi. Jadi seperti kerja 7 hari seminggu.

Kastengel favorit

Kue kering pesanan 

Balik lagi ke pembuatan kastengel hari ini. Kali ini saya akan membuat kastengel tanpa telur, tidak seperti resep kastengel jualan saya yang menggunakan telur. Karena stok putih telur di kulkas jadi banyak, jadi ga mungkin ditambahkan lagi ya.

Jadi resepnya seperti ini

Kastengel
600 gr terigu sangrai
350 gr mentega
100 gr keju edam parut yang sudah diblender
100 gr keju cheddar parut yang sudah diblender

1 kuning telur untuk olesan
Keju cheddar parut secukupnya untuk hiasan

Sederhana kan resepnya

Cara membuat
1. Mix sebentar mentega dengan suhu ruang
2. Masukkan keju yg sudah diblender dan mix agar halus merata
3. Masukkan terigu kemudian mix hingga kalis
4. Gilas adonan yang dialasi plastik bening atas dan bawahnya agar tidak lengket pada rolling pin
5. Cetak dengan cetakan kastengel dan susun di atas loyang (loyang tidak perlu dilapisi mentega ya, insyaAllah ga akan lengket karena kue ini sudah full mentega)
6. Oven pada suhu 150° C selama 25-30 menit. Cek kue agar tidak underbake atau pula overbake. Jika kue pada rak bawah lebih cepat matang, bisa tukar posisi dengan kue rak atas agar matang merata.  Memang harus sabar ya 😁😌.

Kastengel yang baru saja keluar oven 

Mitten yang paling pas buat pegang loyang yang super panas

Pembatas adonan dan rolling pin 

Karena harga mentega mahal, saya beli langsung yang ukuran 2 kg kemudian saya packing ukuran @200 gr
Sekian postingan dan resep kali ini. Selamat mencoba ya! 😃

Salam,
Karina


Komentar

  1. Hai Mba Karinaaaa.. aku dataaang! Makasih ya udah visit ke blog-ku yang sudah nyaris tertutup debu. Lebaran kemaren pun aku bikin kaastangels dengan resepnya NCC, dan karena penyakit malasku lagi kumat bentuknya aku bikin bulat semua (dicetak dengan ring cutter) biar cepat selesai. Oya, apakah kaastengels tanpa telur jadinya lebih renyah dibanding yang pakai telur?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Rina, karena sibuk kerja aku jadi ga buka-buka blog dan ga tau ada komen. Menurutku blog Mba Rina informatif banget :D d soalnya ada video-video masaknya. Good job, Mba. Kalau kastengel yang tidak pakai kuning telur hasil jadinya lebih renyah sedikit dibandingkan yang menggunakan kuning telur. Menurutku lo ya. Tapi yang pasti kalau tidak pakai kuning telur, kastengel jadi tidak mengembang dan bentuknya tetap rapi setelah dipanggang.

      Hapus
  2. Hi mba.. Pembatas rolling pin beli di mn

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer