Marie Antoine Carême

Marie Antoine Carême adalah seorang chef terkemuka yang berasal dari Perancis. Ia hidup pada jaman Revolusi Perancis, Kekaisaran Napoleon hingga kekalahan Napoleon dalam menguasai Eropa. Carême disebut sebagai the first celebrity chef karena ia banyak membuat hidangan untuk keluarga kerajaan, politisi, serta kalangan penting lainnya kala itu. Buku resep yang ditulis oleh Carême menjadi rujukan chef hingga saat ini dan buku itu pulalah yang mengabadikan resep-resep yang kini berumur ratusan tahun.

Berkas:M-A-Careme.jpg
Marie Antoine Careme


Masa kecil Carême bukanlah masa kecil yang mudah. Careme adalah anak ke 13 dari keluarga yang sederhana. Masa-masa sulit tengah dialami rakyat Perancis ketika itu. Raja Louis XVI dan Ratu Marie Antoinette yang memerintah Perancis senantiasa bergaya hidup mewah sangat kontras dengan banyak rakyat Perancis yang hidup miskin serta kelaparan. Pada usia 10 tahun, ayah Carême meninggalkan Careme di gerbang kota Paris. Ia mengatakan kepada Carême, "Hiduplah dengan apa yang telah Tuhan berikan kepadamu." Carême kemudian bekerja di sebuah toko kue di kota Paris yang diberi nama sesuai nama pemiliknya yaitu Sylvain Bailly. Toko ini berlokasi dekat dengan Palais Royal, istana kerajaan Perancis.

Berkas:Louis xvi.jpg
Louis XVI
Berkas:Marie-Antoinette par Elisabeth Vigée-Lebrun - 1783.jpg
Marie Antoinette

Karya carême yang terkenal adalah Pieces Montee (dibaca piyes monte). Pieces Montee adalah sebuah miniatur bangunan yang megah yang digunakan sebagai centerpiece dalam sebuah jamuan yang mewah. Pieces Montee terbuat dari pasta gula yang dicetak sesuai dengan bagian-bagian yang diinginkan, kemudian dibiarkan kering dan disatukan sehingga menjadi miniatur bangunan yang utuh. Karya Carême ini terinspirasi dari buku-buku arsitektur yang ia baca saat ia berkunjung ke perpustakaan Bibliothèque Nationale saat ia bekerja di Sylvain Bailly, yang dibuka untuk umum pada hari Selasa dan Jumat. 

http://i21.servimg.com/u/f21/12/96/85/71/careme10.jpg
Desain Pieces Montee

Fichier:Clementinum library.jpg
Bibliotheque Nationale

Nah, begitulah kisah singkat perjalanan hidup legenda kuliner Prancis. Kalau kita suka masak atau membuat kue, ga ada salahnya juga kita mencari tahu sejarah kuliner dunia, menambah wawasan dan menambah kecintaan juga dengan dunia kuliner.

Komentar

Postingan Populer