Glamour Puds dan Sacher Torte

Saya suka sekali menonton program Glamour Puds di channel NatGeo People. Acara ini dipandu oleh Eric Lanlard. Ia adalah seorang Pastry Chef Perancis yang mengawali kariernya sebagai seorang chef di kapal angkatan laut Perancis. Sekarang ia adalah seorang celebrity chef, telah memandu beberapa acara tv, mengeluarkan buku resep sendiri, serta memiliki banyak klien terkenal.

Yang membuat program Glamour Puds ini tidak biasa adalah karena Eric Lanlard, selain mendemokan beberapa resep untuk setiap episodenya, ia juga menelusuri sejarah chef terkemuka Perancis, Antoine Careme. Mulai dari Perancis, Austria, sampai Rusia. Antoine Careme hidup pada masa Revolusi Perancis, Pemerintahan Napoleon, dan ia juga sempat menjadi chef bagi Tsar Alexander, kaisar Rusia ketika itu.

Marie Antoine Careme

Kemarin saya menonton episode ke 7 yaitu tentang budaya kafe di kota Wina, Austria. Di Wina, banyak terdapat kafe yang menyajikan kopi, plum pastry  dan juga croissant. Kopi yang disajikan di Wina mula-mula  adalah kopi hasil curian dari orang-orang Turki yang melintas Austria. Orang-orang Turki ketika itu berperang dan hendak menaklukan Austria. Namun pasukan Turki atau Ottoman ini kalah dan saat itu dibuatlah croissant yang berbentuk bulan sabit yang merupakan lambang Islam, sebagai tanda kekalahan pasukan Islam atas Austria.

Eric Lanlard di Wina, Austria
Salah satu kue Austria yang terkenal adalah Sacher Torte. Namanya diambil dari nama penciptanya yaitu seorang pastry chef Austria, Franz Sacher. Pada dasarnya Sacher Torte adalah sponge cake coklat dengan lapisan selai apricot yang kemudian diberi glazing chocolate ganache.

Membuat Sacher Torte dimulai dengan memisahkan putih dengan kuning telur. Pertama kocok kuning telur, kemudian tambahkan mentega leleh, ekstrak vanila, dan coklat leleh. Sisihkan. Kocok putih telur dengan gula hingga kaku. Campurkan bertahap antara adonan kuning telur dengan putih telur dengan metode aduk balik sampai merata kemudian tambahkan terigu yang sudah diayak. Aduk balik hingga rata. Tuangkan ke dalam loyang yang sudah dialasi kertas roti pada dan sudah dilapisi mentega. Pangganglah hingga matang.

Jika sponge sudah matang dan dingin, barulah boleh dipotong melintang kemudian olesi bagian tengahnya dengan selai apricot. Tumpuk cake seperti sandwich kemudian siram dengan chocolate ganache. Chocolate ganache adalah campuran whipping cream yang dihangatkan dengan dark chocolate. Jika ganache sudah tidak panas barulah bisa digunakan untuk menge-glaze kue Sacher Torte.
Image result for sacher torte glamour puds
Sacher Torte kreasi Eric Lanlard


Sacher Torte klasik didekorasi hanya dengan menuliskan kata "Sacher" dengan menggunakan coklat leleh di atas cake. Namun Eric Lanlard menambahkan dekorasi potongan coklat, apricot kering, springkel, dan batang vanila untuk Sacher Torte kreasinya.

Selain dijual di kafe-kafe kota Wina, Sacher Torte adalah souvenir resmi dari Hotel Sacher, Wina, Autria.



Komentar

Postingan Populer