Catatan Lebaran 2017 + Resep Hidangan

Merayakan lebaran memang identik dengan mudik atau pulang kampung. Tapi bagaimana ya kalau lebaran tidak dilalui dengan ritual pulang kampung seperti saya yang alhamdulillah bekerja di kota tempat orang tua saya tinggal. Tentunya nggak kalah seru dan yang pasti hemat ongkos, waktu dan tenaga. 

Memasak Hidangan Lebaran
Memasak hidangan lebaran sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Yang membuatnya menjadi ribet adalah ketika sehari sebelum lebaran kita harus belanja bahan masakannya mulai dari hidangan utama sampai dessert, masak beberapa hidangan sekaligus padahal kompor cuma satu, menyiapkan piring untuk tamu dan baru ingat kalau hijab yang kita punya di rumah ga matching dengan baju lebaran yang kita siapkan dan jadi kepikiran. Nah untuk masaknya sendiri sebenarnya cukup mudah.

Opor
Opor Ayam

Bahan:
-          Bawang merah
-          Bawang putih
-          Ketumbar
-          Kunyit
-          Merica
-          Jinten
-          Sereh
-          Ayam
-          Santan
-          Garam

      Semua bumbu kecuali sereh diblender dengan sedikit air. Panaskan minyak secukupnya pada panci dan tumis bumbu dan sereh sampai harum dan terpisah dengan minyaknya(you’ll know when you try it). Masukkan ayam ,aduk2 dan tambahkan garam. Masukkan sedikit air dan besarkan apinya. Jika sudah mendidih, tutup pancinya. Kecilkan api dan masak sampai ayam empuk.Masukkan santan dan aduk2 agar tidak pecah. Masak sebentar dan matikan api. Done.

Rendang
Rendang

Bahan:
-          Bawang merah
-          Bawang putih
-          Kemiri
-          Kunyit
-          Cabai merah
-          Air asam jawa
-          Lengkuas
-          Sereh
-          Salam
-          Cengkeh
-          Garam
-          Daging sapi
-       Kacang merah
-          Santan

Blender semua bumbu hingga halus. Tumis dengan minyak secukupnya kemudian tambahkan lengkuas, sereh, salam, cengkeh, dan air asam jawa. Masukkan dagingnya, tumis sebentar kemudian masukkan santan dan garam. Biarkan mendidih kemudian kecilkan api dan tutup pancinya. Masak sekitar 2 jam atau sampai daging empuk. 

Sambal Goreng Kentang
Sambal Goreng Kentang

Bahan:
-          Bawang merah
-          Bawang putih
-          Kemiri
-          Cabai merah
-          Lengkuas
-          Salam
-          Terasi
-          Garam
-          Gula putih
-       Kentang

Potong kentang kecil2 kemudian goreng dalam minyak banyak sampai matang. Tiriskan. Tumis bumbu sampai harum. Masukkan kentang, aduk2 sampai kira2 bumbu menyerap. Done.
     
Acar
Bahan:
-          Wortel
-          Timun
-          Nanas
-          Cabai rawit hijau
-          Garam
-          Gula
-          Jeruk nipis

Potong semua bahannya. Pokoknya inget2 aja kalau pas lagi makan acar bentuk potongannya kayak gimana sih, terus tiruin aja. Kalau lupa silakan googling. Campur semua bahannya dan tambahkan garam, gula pasir, dan air jeruk nipis. Aduk2. Done. 

Puding
Fruit Puding
 
-          1 bungkus agar2 swallow
-          1000 ml air+ 6 sachet susu dancow
-          100 gr gula pasir
-          1 kaleng fruit cocktail del monte in heavy syrup

Ke dalam panci masukkan gula dan agar2 kemudian diaduk sampai rata. Masukkan susu dan aduk. Masak di atas api sedang sambil terus diaduk pelan hingga mendidih, matikan apinya. Tuang ke dalam wadah yang sudah disiapkan. Jika puding sudah mengeras, tuang fruit cocktail di atasnya dan langsung masukkan ke kulkas.

Bonus Recipe 
Singaporean Chilli Crab
Singaporean Chilli Crab

Jadi sehari sebelum lebaran kami mendapat oleh2 spesial dari Mas Hasan yang baru pulang dari Papua: kepiting Papua. Yum, to make it even more special jadilah kami masak chilli crab. 
Bahan:
-          Bawang merah
-          Bawang putih
-          Kemiri
-          Sereh
-          Lengkuas
-          Cabai merah
-          Terasi
-          Garam
-          Gula
-          Saus tomat
-          Daun bawang
-       Telur
-          Kepiting yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong

Blender bumbu hingga halus. Tumis dengan minyak secukupnya. Tambahkan gula, garam, terasi, saus tomat, kemudian air panas secukupnya (to make the gravy). Masukkan kepiting mentah dan biarkan mendidih dengan api kecil selama 8 menit untuk mengeluarkan kaldu kepiting. Terakhir sekali masukkan telur kocok perlahan-lahan sambil diaduk. Masukkan potongan daun bawang. Aduk sebentar kemudian matikan apinya. Hias dengan taburan potongan daun ketumbar. Done.

Solat Ied
Untuk persiapan solat ied pakailah baju yang simple, sopan(syar’i) dan rapi. Yang perlu dibawa yaitu peralatan solat, sajadah, koran untuk alas solat, minum, dan uang sodaqoh. Siapkan juga hati dan senyuman terbaik agar orang-orang yang kita temui saat solat Ied merasa nyaman dan menambah suasana lebaran menjadi semakin menyenangkan.
 
Sebelum Solat Ied di Denzibang Sekejati

Maaf2an
Minta maaf kepada kedua orang tua serta kakak dan adik. 
Foto Keluarga Setelah Sungkem

Menyantap Hidangan Lebaran
Makan ga perlu kalap. Makan secukupnya aja yang penting bisa menikmati suasana hangat berkumpul bersama keluarga. 

Menerima Tamu dan Bersilaturahmi ke Rumah Saudara
Sambutlah tamu dengan sebaik2nya. Nah, menyambut tamu ini penting banget lo. Karena mereka mungkin datang jauh2, kemungkinan jalanan macet, dan kemungkinan capek juga karena sebelumnya sudah nerima banyak tamu di rumah. 

Foto Bersama Keluarga Besar Ibu Trisno, Ibu Guru Semasa TK

Sekian dulu ya. Please leave your comment below. Thanks :).

Komentar

Postingan Populer